Encrypt & Decrypt


Assalamu'alaikum wr wb
Kali ini saya akan share tentang encrypt dan decrypt.
Istilah tersebut akan sering didengar ketika anda menjamah dunia security komputer, meskipun sebenarnya dapat digunakan pada bidang apapun. Keduanya digunakan untuk segala sesuatu yang menyangkut "rahasia" atau "data sensitif".

Secara simple, Encrypt / Enkripsi dapat dimaknai sebagai proses perubahan struktur informasi data (plain text) menjadi karakter yang sulit atau bahkan tidak bisa dibaca dengan sembarang cara (chiper text).

Sedangkan Decrypt / Dekripsi adalah kebalikan dari Encrypt, yakni suatu cara yang dilakukan untuk membaca chiper text (karakter sampah) menjadi plain text (karakter yang mudah dibaca).

Kedua hal tersebut akan sering anda temui ketika menjamah ilmu Cryptography, suatu bidang ilmu yang wajib anda pelajari berkenaan dengan security data.



CONTOH ENCRYPT DAN DECRYPT

Contoh termudah dari kegiatan Encrypt dan Decrypt ini misalnya seperti bahasa anak-anak gaul yang menggunakan cara "sisipan" dalam pengucapannya, atau konsep alay dalam penulisannya, seperti :

Bahasa Sisipan "S" :

Plain Text : Mandi,
Chiper Text : Masandisi


Bahasa Alay
Kalimat dalam bahasa alay-pun (anak lebay Laughing) dapat dikategorikan sebagai bahasa yang ter-encrypt, karena strukturnya yang memang tidak wajar dan tidak mudah dibaca oleh umur tertentu. Laughing

Seperti contoh berikut :

Plain Text : maaf
Chiper Text : mu’uph, muphs dll.
Tentu saja nenek-nenek akan sangat kesulitan memahami kata-kata yang strukturnya aneh itu. Laughing



Referensi : wikipedia
Encrypt & Decrypt Encrypt & Decrypt Reviewed by Syawaluddin Amin, S.Kom on Januari 16, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.