Tema Google 12 mei 2014

Dorothy Hodgkin
Dorothy Mary Hodgkin, OM, FRS (lahir 12 Mei 1910 – meninggal 29 Juli 1994 pada umur 84 tahun), née Crowfoot, adalah seorang kimiawati berkebangsaan Inggris, dikenal sebagai ilmuwati yang mengembangkan kristalografi protein. Dengan menggunakan sinar-X, ia mampu menguraikan struktur vitamin B12 dan molekul-molekul kompleks lainnya, termasuk penisilin daninsulin.
Hodgkin mendalami teknik kristalografi sinar-X, metode yang digunakan untuk menentukan struktur tiga dimensi biomolekul. Beberapa penemuannya yang berpengaruh dalam bidang sains adalah penentuan struktur penisilin yang sebelumnya telah diteliti oleh Ernst Boris Chain dan Edward Abraham, dan kemudian penentuan struktur vitamin B12, yang membuatnya dianugerahi penghargaan Nobel Kimia pada tahun 1964.
Pada tahun 1969, setelah 35 tahun melakukan penelitian dan lima tahun setelah menerima Hadiah Nobel, Hodgkin mampu menguraikan struktur insulin. Kristalografi sinar-X kelak menjadi alat yang paling banyak digunakan dan sangat penting dalam menentukan struktur sebagian besar molekul biologi, yang sangat berguna untuk memahami fungsi molekul tersebut. Hodgkin dianggap sebagai salah seorang ilmuwati pelopor dalam kajian kristalografi sinar-X biomolekul.
Semoga bermanfaat.
Referensi : Wikipedia
http://pangeran-it.blogspot.com/
Tema Google 12 mei 2014 Tema Google 12 mei 2014 Reviewed by Syawaluddin Amin, S.Kom on Mei 12, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.