Terminologi dan ikhtisar Database

Assalamu'alaikum wr wb.
Kali ini saya akan share tentang Terminologi dan Ikhtisar Database.

Secara formal, "database" mengacu pada data itu sendiri dan mendukung struktur data . Database diciptakan untuk mengoperasikan sejumlah besar informasi dengan memasukkan, menyimpan, mengambil, dan mengelola informasi tersebut. Database diatur sehingga satu set program perangkat lunak menyediakan semua pengguna dengan akses ke semua data.

Sebuah "sistem manajemen database" (DBMS) adalah paket perangkat lunak komputer yang menyediakan antarmuka antara pengguna dan database atau database. Karena mereka sangat erat terkait, istilah "database" bila digunakan santai sering merujuk kepada kedua DBMS dan data yang memanipulasi.

Di luar dunia profesional teknologi informasi , database istilah kadang-kadang digunakan santai untuk mengacu pada setiap pengumpulan data (mungkin spreadsheet , bahkan mungkin indeks kartu). Artikel ini hanya peduli dengan database di mana ukuran dan penggunaan persyaratan memerlukan penggunaan sistem manajemen database.

Interaksi dipenuhi oleh sebagian besar DBMS yang ada jatuh ke dalam empat kelompok utama:
  • Definisi data. Mendefinisikan struktur data baru untuk database, menghapus struktur data dari database, memodifikasi struktur data yang ada.
  • Perbarui. Memasukkan, mengubah, dan menghapus data.
  • Retrieval. Mendapatkan informasi baik untuk permintaan pengguna akhir dan laporan atau untuk diproses oleh aplikasi.
  • Administrasi. Pendaftaran dan pemantauan pengguna, menegakkan keamanan data , pemantauan kinerja, menjaga integritas data , berurusan dengan concurrency control , dan memulihkan informasi jika sistem gagal.

Sebuah DBMS bertanggung jawab untuk menjaga integritas dan keamanan data yang tersimpan, dan untuk memulihkan informasi jika sistem gagal.

Kedua database dan DBMS yang sesuai dengan prinsip-prinsip tertentu model database . "Sistem Database" mengacu secara kolektif pada model database, sistem manajemen database, dan basis data. 

Secara fisik, database server adalah komputer khusus yang memegang database aktual dan hanya menjalankan DBMS dan perangkat lunak terkait. Database server biasanya multiprosesor komputer, dengan murah hati memori dan RAID array disk yang digunakan untuk penyimpanan stabil. RAID digunakan untuk pemulihan data jika salah satu disk gagal. Akselerator Database Hardware, terhubung ke satu atau lebih server melalui saluran berkecepatan tinggi, juga digunakan dalam lingkungan pemrosesan transaksi volume besar. DBMSs ditemukan di jantung kebanyakan aplikasi database . DBMSs dapat dibangun di sekitar kebiasaan multitasking kernel dengan built-in jaringan dukungan, namun DBMSs modern biasanya bergantung pada standar sistem operasi untuk menyediakan fungsi-fungsi ini. Sejak DBMS terdiri signifikan ekonomis pasar , komputer dan penyimpanan vendor sering memperhitungkan Persyaratan akun DBMS dalam rencana pembangunan mereka sendiri.

Database dan DBMS dapat dikategorikan menurut model database (s) bahwa mereka mendukung (seperti relasional atau XML), jenis (s) dari komputer mereka berjalan di (dari cluster server untuk ponsel), dengan bahasa query ( s) yang digunakan untuk mengakses database (seperti SQL atau XQuery ), dan teknik internal mereka, yang mempengaruhi kinerja, skalabilitas , ketahanan, dan keamanan.

Semoga bermanfaat.
http://pangeran-it.blogspot.com/
Referensi : Wikipedia
Terminologi dan ikhtisar Database Terminologi dan ikhtisar Database Reviewed by Syawaluddin Amin, S.Kom on Januari 18, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.