Cara Mengkonfigurasi MongoDB dengan PHP untuk XAMPP di Windows


Assalammu'alaikum wr wb,
kali ini saya akan share bagaimana Cara Mengkonfigurasi MongoDB dengan PHP untuk XAMPP di Windows.

XAMPP adalah open source, mudah digunakan dan mudah untuk menginstal stack yang berisi webserver Apache, database MySQL, compiler PHP dan Perl.

MongoDB adalah salah satu database NoSQL yang paling banyak beredar di pasaran saat ini. Kita sering mengalami dalam situasi di mana kita mungkin merasa kesulitan untuk mengatur mongodb  bersama dengan PHP di XAMPP.

Karena mongoDB bukan merupakan bagian integral dari ini, kita harus mengaturnya secara manual karena installer XAMPP tidak akan menyediakannya untuk sobat.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengkonfigurasi MongoDB untuk pengaturan XAMPP.

1. Install dan konfigurasi Xampp. Pertama sobat harus download dan install xampp. Jika belum, sobat bisa mendapatkannya di Apache Friends. Jika belum tahu bagaimana cara install xampp, ada baiknya lihat turorial cara install xampp di windows.

Setelah sobat install, silahkan start apache dari xampp control panel.



Setelah itu, kita buat satu file php, copykan code berikut ini :

<?php
 echo phpinfo();
?>

simpan dengan nama info.php dan letakkan di dalam folder htdocs. Buka file tersebut di localhost dengan cara mengetikkan di address bar browser sobat localhost/info.php + enter. Jika berhasil maka akan tampil seperti berikut.


dari gambar diatas kita dapat informasi yang dilingkari warna merah berupa compiler, architecture dan thread safety yang nantinya berguna untuk menyesuaikan versi driver yang akan di download.

2. Download PHP Mongo Driver. Sobat bisa download di halaman php mongo driverhttps://pecl.php.net/package/mongodb/1.2.5/windows. Berikut ini tampilan halaman downloadnya.
Saya download yang paling bawah.

3. Copy PHP Mongo DDL ke direktori EXT. Setelah sobat mendownload file dalam bentuk zip, ada baiknya file tersebut kita ekstrak terlebih dahulu dalam satu folder. Jika sudah maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

dari informasi info.php versi php yang sedang digunakan adalah versi 5.6.3, maka kita copy file ".dll"  dan pastekan ke dalam folder "C:\xampp\php\ext" asumsi penginstallan di drive C. Setelah itu, rename file tersebut dengan nama "php_mongo.dll".


4. Menambahkan Extension ke php.ini. Untuk menambahkan Extension, sobat harus masuk ke dalam folder "C:\xampp\php" kemudian cari file yang bernama php.ini kemudian buka dengan notepad, ctrl + f + mysqli + enter.


dibawahnya tambahkan "extension=php_mongo.dll"  sesuai dengan nama file dll yang telah di paste ke dalam folder ext sebelumnya. Selanjutnya Ctrl + S (simpan).

5. Modifikasi PATH Variable. Untuk memodifikasi PATH variable sobat harus masuk ke control panel ->  system -> variable enviroment.

Tambahkan path installasi xampp ( C:\xampp\php ) ke path variable, jika tidak ada. Berikut ini penjelasan untuk menambahkan file ".dll"  ketika xampp start.




6. Restart Apache and verifikasi. Langkah terakhir adalah merestart apache dari apache control panel.
Jika settingan tadi bekerja dengan baik, maka ketika dijalankan tidak akan ada pesan error, sobat juga bisa melihat statusnya dari info.php di localhost.


7. Selesai.

Semoga bermanfaat.
http://pangeran-it.blogspot.co.id/
Cara Mengkonfigurasi MongoDB dengan PHP untuk XAMPP di Windows Cara Mengkonfigurasi MongoDB dengan PHP untuk XAMPP di Windows Reviewed by Syawaluddin Amin, S.Kom on Agustus 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.