Pendahuluan


CodeIgniter (CI) adalah framework pengembangan aplikasi (application development framework) dengan menggunakan PHP, suatu kerangaka pembuatan program dengan menggunakan PHP.

CodeIgniter merupakan open source perkembangan pesat kerangka aplikasi web , untuk digunakan dalam membangun situs web dinamis dengan PHP . "Tujuannya adalah untuk memungkinkan [pengembang] untuk mengembangkan proyek-proyek jauh lebih cepat daripada menulis kode dari awal, dengan menyediakan satu set kaya perpustakaan untuk tugas-tugas yang biasa diperlukan, serta antarmuka yang sederhana dan struktur logis untuk mengakses perpustakaan ini."  Versi publik pertama dari CodeIgniter dirilis pada tanggal 28 Februari 2006, dan stabil terbaru versi 2.1.4 dirilis 8 Juli 2013. 

CodeIgniter secara longgar didasarkan pada populer Model-View-Controller pola pengembangan. Sementara pandangan dan kontroler kelas adalah bagian penting dari pembangunan di bawah CodeIgniter, model adalah opsional. 

CodeIgniter paling sering dicatat untuk kecepatan bila dibandingkan dengan kerangka kerja PHP lainnya. Dalam mengambil kritis pada kerangka kerja PHP pada umumnya, pencipta PHP Rasmus Lerdorf berbicara di frOSCon pada bulan Agustus 2008, mencatat bahwa ia menyukai CodeIgniter "karena lebih cepat, lebih ringan dan sedikit seperti kerangka." 

Kode sumber CodeIgniter dipertahankan pada GitHub , dan perangkat lunak open source sebagai versi pratinjau 3.0-dev, bersertifikat berlisensi dengan Lisensi Open Software ("OSL") v 3.0 . Versi CodeIgniter sebelum 3.0 dilisensikan di bawah Apache / BSD-style lisensi proprietary open source. 
Keputusan untuk beralih ke lisensi OSL memicu kontroversi masyarakat,  terutama tentang GPL ketidakcocokan lisensi baru, yang EllisLab telah merespon dengan serangkaian artikel yang berjudul Software Lisensi Awareness Week. 

Pada 9 Juli 2013, EllisLab mengumumkan bahwa mereka sedang mencari pemilik baru untuk CodeIgniter nya, menyatakan kurangnya keterlibatan sebagai alasan. Tidak jelas apakah CodeIgniter akan tetap menjadi tulang punggung perusahaan ExpressionEngine software.

Sumber : http://id.wikipedia.org
Pendahuluan Pendahuluan Reviewed by Syawaluddin Amin, S.Kom on Desember 02, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.