Sejarah Jaringan Syaraf Tiruan


Saat ini bidang kecerdasan buatan dalam usahanya menirukan intelegensi manusia, belum mengadakan pendekatan dalam bentuk fisiknya melainkan dari sisi yang lain. Pertama-tama diadakan studi mengenai teori dasar mekanisme proses terjadinya intelegensi. Bidang ini disebut ‘Cognitive Science’. Dari teori dasar ini dibuatlah suatu model untuk disimulasikan pada komputer, dan dalam perkembangannya yang lebih lanjut dikenal berbagai sistem kecerdasan buatan yang salah satunya adalah jaringan saraf tiruan. Dibandingkan dengan bidang ilmu yang lain, jaringan saraf tiruan relatif masih baru. Sejumlah literatur menganggap bahwa konsep jaringan saraf tiruan bermula pada makalah Waffen McCulloch dan Walter Pitts pada tahun 1943. Dalam makalah tersebut mereka mencoba untuk memformulasikan model matematis sel-sel otak. Metode yang dikembangkan berdasarkan sistem saraf biologi ini, merupakan suatu langkah maju dalam industri komputer.

Jaringan Syaraf Tiruan (JST) adalah sistem pemrosesan informasi yang memiliki karakteristik mirip dengan jaringan syaraf biologi yang dimiliki oleh manusia. JST sederhana pertama kali diperkenalkan oleh McCulloch dan Pitts pada tahun 1943. McCulloch dan Pitts menyimpulkan bahwa kombinasi beberapa neuron sederhana menjadi sebuah sistem neural akan meningkatkan kemampuan komputasinya. Bobot dalam jaringan yang diusulkan oleh McCulloch dan Pitts diatur untuk melakukan fungsi logika sederhana. Fungsi aktivasi yang dipakai adalah fungsi thresold. Tahun 1958, Rosenbaltt memperkenalkan dan mulai mengembangkan model jaringan yang disebut perceptron. Metode pelatihan yang diperkenalkan untuk mengoptimalkan hasil iterasinya.

Selanjutnya, pada tahun 1960, Widrow dan Hoff mengembangkan perceptron dengan memperkenalkan aturan pelatihan jaringan, yang dikenal sebagai aturan delta, atau sering disebut juga kuadrat rata-rata terkecil. Aturan ini akan mengubah bobot perceptron apabila keluaran yang dihasilkan tidak sesuai dengan target yang diinginkan.
.
Apa yang dilakukan peneliti terdahulu hanya menggunakan jaringan dengan layer tunggal (single layer). Kemudian pada tahun 1986, Rumelhart mengembangkan perceptron menjadi backpropagation, yang memungkinkan jaringan diproses melalui beberapa layer. Selain itu, beberapa model jaringan syaraf tiruan lain  juga dikembangkan oleh Kohonen (1972), Hopfield (1982), dan lain-lain.

Pengembangan yang ramai dibicarakan pada tahun 1990-an adalah aplikasi model jaringan syaraf tiruan untuk menyelesaikan berbagai masalah di dunia nyata.

Sumber :
- http://id.wikipedia.org
- http://10508656.blog.unikom.ac.id
Sejarah Jaringan Syaraf Tiruan Sejarah Jaringan Syaraf Tiruan Reviewed by Syawaluddin Amin, S.Kom on Desember 02, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.